Jakarta, CNN Indonesia

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut pasangan calon nomor urut 2, Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka telah sah menjadi presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024 usai Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan hasil sengketa Pilpres 2024.

“Sejak hari ini Prabowo dan Gibran dinyatakan sah sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden RI terpilih hasil Pilpres 2024,” kata Muzani dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Senin (22/4).

Muzani menghormati langkah kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud melayangkan gugatan ke MK. Ia mengatakan hal itu merupakan hak konstitusional yang melekat pada diri mereka.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tetapi Muzani meminta ke seluruh pihak agar menghormati putusan MK atas perkara tersebut.

“Karena sifat putusan MK adalah final dan mengikat,” ujar dia.

MK menolak permohonan gugatan perkara hasil sengketa Pilpres 2024 yang diajukan oleh Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Dalam dua perkara tersebut terdapat pendapat berbeda alias dissenting opinion dari tiga hakim konstitusi. Mereka ialah, Saldi Isra, Arief Hidayat, dan Enny Nurbaningsih.

Adapun dalam proses menangani dua perkara ini, MK telah menerima puluhan amicus curiae yang diajukan berbagai pihak, termasuk dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Tercatat, ada 48 amicus Curiae yang diajukan dalam perkara ini per Jumat (19/4). Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah MK menangani perkara PHPU.

Namun, hanya 14 yang turut dijadikan pembahasan hakim, karena yang diterima maksimal Jumat (16/4)) pukul 16.00 WIB.

Setelah sidang putusan MK ini, KPU memiliki waktu tiga hari untuk menetapkan presiden dan wakil presiden terpilih berdasarkan Pemilu 2024.

(vws)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *