Jakarta, CNN Indonesia

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud dalam sengketa hasil Pilpres 2024.

“Menghormati putusan MK dalam perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024 yang bersifat final dan mengikat,” kata Ari dalam keterangan tertulis, Senin (22/4).

Ari mengatakan sejumlah pertimbangan dalam putusan itu pun sekaligus membantah tuduhan-tuduhan terhadap pemerintah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menyoroti tuduhan tentang kecurangan dan intervensi terhadap pemilu, politisasi bansos, mobilisasi aparat dan ketidaknetralan penjabat kepala daerah.

Ari mengatakan putusan MK juga menjadi tanda pilpres telah berakhir. Dia mengajak semua pihak untuk kembali bersatu membangun bangsa.

Dia mengatakan pemerintah akan menuntaskan pekerjaan hingga akhir masa jabatan Presiden Jokowi. Mereka juga akan mempersiapkan peralihan kepemimpinan ke pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

“Pemerintah akan segera menyiapkan dan mendukung penuh proses transisi pemerintahan kepada presiden dan wakil presiden terpilih,” ujarnya.

MK menolak dua gugatan sengketa Pilpres 2024. Mahkamah tidak menerima gugatan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Dengan demikian, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tetap menjadi pemenang Pilpres 2024 sesuai hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU.

Meski begitu, suara penolakan mahkamah tak bulat. Ada tiga hakim yang menyatakan dissenting opinion, yaitu Saldi Isra, Enny Nurnaningsih, dan Arief Hidayat.

Dalam pernyataan dissenting opinion, Arief menilai Presiden Jokowi melakukan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif. Dia juga berpendapat seharusnya pilpres diulang di sejumlah provinsi.

“Semua dalil-dalil dianggap terbukti berlawanan dengan hukum, seharusnya dikabulkan. Mengabulkan permohonan untuk sebagian, memerintahkan revote di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Sumatera Utara,” ujar Arief pada sidang di Gedung MK, Jakarta, Senin (22/4).

(dhf/bmw)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *