Jakarta, CNN Indonesia

Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara kembali erupsi pada Jumat (19/4) sore. Status Gunung Ruang juga masih berada di level IV atau awas.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menyebut kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah selatan.

“Terjadi erupsi Gunung Ruang pada hari Jumat, 19 April 2024, pukul 17:06 WITA. Tinggi kolom letusan teramati kurang lebih 400 meter di atas puncak,”┬ádemikian keterangan di situs magma.esdm.go.id, Jumat (19/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Masyarakat di sekitar Gunung Ruang pun diminta agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Kemudian, masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius kilometer juga diminta segera dievakuasi ke tempat aman.

Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai juga diminta mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas dan potensi tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunungapi ke dalam laut.

“Masyarakat dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan,” ujar PVMBG.

Selain itu, Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten juga diminta agar berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang, Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

(khr/ugo)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *