Jakarta, CNN Indonesia

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyebut sejumlah jalur arteri di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah pada arus balik Lebaran 2024 masih padat hingga Selasa (16/4) hari ini.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyebut rekayasa lalu lintas berupa buka tutup jalan terpaksa dilakukan untuk mengurai kemacetan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Di arteri ada beberapa titik yang masih terdapat kepadatan. Pertama di arteri selatan Jawa Barat, yaitu di Gentong, Limbangan, Pasar Lewu, sampai, Malangbong,” ujarnya kepada wartawan di GT Cikatama KM 70, Selasa (16/4).

Sementara itu untuk wilayah Jateng, kata Aan, salah satu titik krusial kemacetan berada di kawasan Pejagan menuju Banyumas.

Aan menyebut kondisi jalur wisata juga terjadi peningkatan arus lalu lintas kendaraan sejak hari H hingga H+3 Lebaran. Pada jalur-jalur wisata, ia menyebut rekayasa dilakukan dengan menerapkan kebijakan ganjil-genap.

Terakhir untuk jalur pantai utara, Aan mengklaim situasi kendaraan masih terkendali. Termasuk ketika jalur tersebut menerima imbas dari sistem satu arah atau one way di jalan tol.

“Ini secara umum masih ramai lancar, tidak ada kemacetan yang berarti sampai stuck. Secara umum ini lancar, tidak ada kepadatan yang berarti,” katanya.

Korlantas Polri menyebut masih ada kurang lebih 30 persen pemudik yang belum kembali ke Jakarta pasca libur Lebaran 2024.

Periode puncak arus balik Lebaran 2024 sudah terlewati pada Senin (15/4) malam. Terdapat setidaknya 162 ribu kendaraan yang berasal dari arah Jawa yang sudah kembali ke Jakarta.

(tfq/fra)

[Gambas:Video CNN]







Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *