Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk memecah kepadatan lalu lintas kendaraan arus balik Lebaran 2024.

“Saya kemarin sudah rapat bersama Jasamarga, memang pulangnya (arus balik lebaran) akan naik dibandingkan keberangkatan. Tapi saya bilang itu, perlu diantisipasi sebagai mencegah dampak buruknya,” ucap Budi usai mengecek kesiapan arus balik lebaran di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (12/4).

Budi menjelaskan usulan tersebut segera disampaikan ke Presiden Joko Widodo. Usulan WFH dilakukan pada Selasa (16/4) dan Rabu (17/4). Pemberlakuan WFH diharap dapat memecah keberangkatan para pekerja kembali ke Jakarta dengan waktu yang bersamaan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kalau selama ini kita liburnya sudah banyak, kalau libur melulu Indonesia enggak produktif, tapi ini hak prerogatif Pak Presiden untuk meluruskan rekomendasi WFH ini,” katanya.

Budi berharap usulan itu bisa disetujui presiden.

“Saya kemarin sudah memutuskan rekomendasi (WFH) bersama Pak Menko dan Kakorlantas,” ucapnya.

Budi menambahkan, untuk puncak arus balik Lebaran 2024 diprediksi bakal terjadi pada H+3 atau Minggu (14/4) dan H+4 atau Senin (15/4).

Kendati demikian, pihaknya pun meminta kepada masyarakat yang telah melaksanakan pulang kampung agar kembali ke Jakarta lebih awal sebelum puncak arus balik Lebaran.

“Kalau lusa atau Senin tidak janji, karena ini kemungkinan akan padat terutama di jalur darat. Saya anjurkan mudik balik itu harus besok jangan Minggu atau Senin,” ungkapnya.

Budi juga memastikan telah melakukan berbagai langkah dan upaya secara maksimal untuk melayani masyarakat selama angkutan arus mudik maupun balik Lebaran di semua lintas moda transportasi.

“Secara detail bagaimana mengatasi arus balik itu sudah kita siapkan dengan baik. Kalau di jalur udara atau laut praktis bisa dikendalikan,” kata dia.

(Antara/isn)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *