Jakarta, CNN Indonesia

Sejumlah rekayasa lalu lintas di tol-tol di Pulau Jawa akan diterapkan untuk arus balik lebaran Idulfitri 2024. Simak rinciannya berikut.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Aan Suhanan menyebut rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan itu mulai dari one way, contraflow, hingga penerapan ganjil genap. Dia mengatakan one way akan diterapkan mulai Tol Kalikangkung hingga Tol Jakarta-Cikampek.

Hal itu disampaikan Aan usai menggelar rapat koordinasi evaluasi arus mudik dan antisipasi arus balik dengan Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menhub Budi Karya Sumadi, Kamis (11/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Rekayasa lalu lintas yang akan kita lakukan pada saat arus balik, sesuai dengan jadwal, kita akan melakukan one way dari Km 414 di Tol Kalikangkung sampai dengan Km 72 di Tol Jakarta-Cikampek,” kata dia.

Lebih lanjut, Aan menyatakan polisi akan menerapkan contraflow hingga Km 47 Tol Jakarta-Cikampek. Selain itu, sistem ganjil genap juga akan diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek.

Aan menyebut rencana itu dibuat setelah kepolisian mengevaluasi penerapan contraflow selama arus mudik Lebaran 2024. Dia mengatakan hasil evaluasinya ditemukan contraflow diterapkan saat kendaraan di tol melebihi batas seharusnya.

“Untuk contraflow, nanti ada beberapa perbaikan. Terutama terkait dengan safety, keselamatan, kita akan memberikan reflektor, nanti dari arah contraflow maupun dari arah yang jalur seharusnya,” ujarnya.

Aan mengatakan juga polisi akan menempatkan petugas di sejumlah titik di tol. Ditambah lagi, dari petugas Jasa Marga.

Ia menjelaskan polisi akan menyiagakan safety car di tol. Fungsinya, untuk memantau arus contraflow jika rekayasa lalu lintas itu diterapkan nantinya.

“Kita lakukan kemudian untuk kendaraan-kendaraan penyelamatan derek dan sebagainya,” ucapnya.

“Ini akan diperbanyak di ruas-ruas contraflow sehingga kecepatan untuk menangani gangguan maupun kecelakaan di contraflow ini akan lebih cepat lagi,” imbuhnya.

(yla/arh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *