Jakarta, CNN Indonesia

Sound system yang dibawa tiga truk ke Kabupaten Demak, Jawa Tengah, ternyata akan dipakai untuk takbiran Idulfitri. Jembatan di Desa Babat dirusakĀ agar truk pengangkut sound system itu bisa lewat.

Peristiwa itu viral di media sosial. Dalam video yang beredar, sejumlah orang menghancurkan tepi jembatan dengan palu. Sebuah truk dengan muatan sound system menanti untuk melintas.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Buntutnya, sepuluh orang yang terdiri dari sembilan warga dan satu kepala desa ditangkap.

Kasat Reskrim Polres Demak AKP Winardi mengatakan jembatan sengaja dirusak agar truk-truk bermuatan sound system bisa melintas dan digunakan untuk takbiran. Total ada tiga truk yang mengangkut sound system.

“Kejadian tersebut dilakukan masyarakat, masyarakat melakukan perusakan terhadap lining (besi sandaran) jembatan, yang mana akan dilakukan untuk melewati truk yang bermuatan lebih, over dimensi, terkait dengan sound system, rencana yang akan digunakan untuk takbir,” kata Winardi dikutip dari detikcom.

Warga meminta izin kades untuk merusak lining jembatan agar truk bisa melintas. Winardi menyebut tepi jembatan rusak hampir 100 persen dengan empat besi sandaran hanya tersisa dua di bagian bawah.

Adapun ketiga truk yang membawa sound system itu berasal dari Jawa Timur. Saat ini truk dibawa ke Polres Demak dan dikenakan sanksi tilang karena dianggap kelebihan muatan.

Truk juga disita polisi dan baru bisa diambil pada 9 Mei 2024.

“Untuk truk-truknya ini seluruhnya dari Jawa Timur. Jadi mereka menyewa sampai ke Jawa Timur khusus untuk malam takbiran yang dilaksanakan di Desa Babad,” ujar Kasat Lantas Polres Demak AKP Lingga Ramadhani.

Baca selengkapnya di sini.

(els/tsa)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *