Jakarta, CNN Indonesia

Polda Metro Jaya mengklaim situasi malamĀ takbiran di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Selasa (9/4) dalam kondisi aman.

“Alhamdulillah aman ya, rekan-rekan sudah liat dari PMJ sudah melakukan patroli di Pospam Kota Tua dan sekarang di Pospam HI,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan.

Ade Ary juga mengklaim dari hasil pemantauan, belum ditemukan ada masyarakat yang melakukan takbir keliling hingga saat ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apalagi, kata dia, sejak awal Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto juga telah mengimbau warga Jakarta dan sekitarnya untuk tak melakukan takbir keliling.

“Tidak ada, teman-teman Kapolres di seluruh jajaran juga sudah mengimbau dan Kapolsek juga sudah patroli,” ucap dia.

Sementara itu, dari pantauan CNNIndonesia.com pukul 21.52 WIB, arus lalu lintas di sekitar Bundaran HI terpantau ramai lancar. Hingga saat ini juga tak ditemukan ada masyarakat yang melakukanĀ konvoi takbir keliling di sekitar Bundaran HI.

Sebelumnya, sebanyak 1.500 personel dikerahkan untuk mengamankan kegiatan malam takbiran di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Selasa (9/4).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan pihaknya telah menyiapkan titik-titik penyekatan untuk memutarbalikkan masyarakat yang nekat melakukan takbir keliling.

“Seperti di Kalimalang kita siapkan pos untuk melakukan pemutarbalikkan. Di Lenteng Agung juga kita lakukan pemutarbalikkan. Nanti di Daan Mogot, Kalideres kita juga lakukan pemutarbalikan,” ucap Latif.

“Dan juga titik-titik dalam kota, seperti jelas, Tomang, Slipi, Semanggi, Kuningan, Pancoran, khususnya jalur Gatot Subroto sampai dengan Cawang. Begitu juga jalur bandung-bandung dari Fatmawati sampai dengan kota tua, kita juga lakukan penjagaan-penjagaan,” imbuhnya.

Sementara itu, kata Latif, kegiatan pawai obor keliling yang dilakukan dengan berjalan kaki tidak dilarang. Bahkan akan dilakukan pengawalan.

“Ya kalau pawai obor jalan kaki ya harus malah kita jaga betul. Kan mereka pasti kalau pawai obor kan ini jalan kaki, malah harus kita jaga, kita kawal, kita amankan kalau hanya jalan kaki,” kata dia.

(dis/dna)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *