Bandar Lampung, CNN Indonesia

Pemudik asal Pulau Jawa yang tiba di Sumatra melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung, mencapai 42.393 orang, per Senin (8/4) atau H-2 Lebaran Idulfitri 2024. Penumpang di pelabuhan tersebut terpantau mulai sepi.

Berdasarkan data keberangkatan angkutan lebaran PT ASDP dari Pelabuhan Merak-Bakauheni pada H-2 lebaran, Senin (8/4) mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB (12 jam), penumpang asal Pulau Jawa tanpa kendaraan pribadi 3.350 orang dan dalam kendaraan 39.043 orang.

Sementara, total kendaraan tercatat sebanyak 6.447 unit, dengan kendaraan roda empat mencapai 5.615 unit, bus 430 unit, truk atau kendaraan dengan lebih banyak roda mencapai 398 unit, dan roda dua hanya sebanyak 4 unit.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kapal yang beroperasi melayani penyeberangan mencapai 39 unit dengan jumlah trip atau perjalanan 46 kali.

Sebaliknya, jumlah penumpang asal Sumatra menuju ke Pelabuhan Merak, Banten, mencapai 25.723 orang, dengan rincian penumpang pejalan kaki sebanyak 739 orang dan dalam kendaraan sebanyak 24.984 orang.

Untuk jumlah kendaraan sebanyak 4.523 unit, rinciannya untuk kendaraan roda dua 476 unit, roda empat 2.990 unit, bus 357 unit dan kendaraan truk/lebih 700 unit.

Kapal yang beroperasi melayani penyeberangan rute ini mencapai 39 unit dengan jumlah trip 68 kali.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di Pelabuhan Bakauheni, Senin (8/4) pukul 14.35 WIB hingga pukul 21.30 WIB, volume arus mudik asal Pulau Jawa, baik penumpang pejalan kaki dan dalam kendaraan masih terus bergulir berdatangan.

Para pemudik pejalan kaki, berjalan di lorong Gangway dermaga 1,2 dan 3 reguler serta lorong Garbarata dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni dengan membawa sejumlah barang, seperti kardus dan koper.

Mereka (pemudik), berjalan menuju ke terminal bus Pelabuhan Bakauheni untuk melanjutkan perjalanan menuju ke kampung halamannya di berbagai wilayah di Sumatera.

Tidak hanya itu saja, ratusan kendaraan roda empat pribadi pemudik dan bus asal Pulau Jawa masih terus bergulir berdatangan setelah tiga armada kapal sandar di dermaga eksekutif, dermaga 1, 2 dan 3 reguler Pelabuhan Bakauheni melakukan bongkar muat angkutan.

Sebaliknya, arus kendaraan dan penumpang dari Sumatra ke Pulau Jawa terpantau normal.

Sementara, berdasarkan pantauan Antara di lokasi pada Senin (8/4) pukul 22.00 WIB hingga 23.30 WIB, kedatangan penumpang semakin sedikit, baik di area dermaga eksekutif maupun dermaga reguler.

Suasana kantong parkir di Pelabuhan Bakauheni pada malam hari juga tampak seperti hari biasa.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin juga mengatakan pihaknya memprediksi adanya pergeseran puncak arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, dimana prediksi itu dilihat dari data jumlah penumpang.

“Kita prediksi puncak arus mudik ini akan terjadi pada hari Senin dan Selasa atau H-2 dan H-1,” kata dia.

(zai/arh)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *