Karawang, CNN Indonesia

Kendaraan para pemudik silih berganti memasuki Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek pada saat jam buka puasa, Sabtu (6/4).

Rest Area KM 57 ini merupakan tempat istirahat pertama bagi para pemudik yang melintas dari Jakarta ke arah Cipali melalui Tol Layang MBZ.

Para pemudik ini tak sekedar melepas lelah, namun juga menjadikannya sebagai lokasi untuk berbuka puasa hingga melaksanakan Salat Magrib.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ini sekalian mau buka, salat juga mumpung ada masjid di sini, sama isi bensin lah,” kata Wawan.

Sinta, pemudik lainnya menyampaikan ia dan keluarga sengaja berhenti sejenak di Rest Area KM 57 untuk membeli berbagai camilan guna menemani selama perjalanan.

“Sekalian beli snack, jadi biar di jalan bisa sambil ngemil, enggak bosen,” ujarnya.

Pantauan CNNIndonesia.com, sejumlah petugas tampak bersiaga di sejumlah sudut untuk membantu pengaturan kendaraan para pemudik. Ini dilakukan agar arus kendaraan di dalam rest area tetap bisa mengalir.

Tak hanya itu, melalui pengeras suara petugas juga selalu mengimbau kepada para pemudik untuk tidak parkir di sembarang tempat, sehingga tidak menyebabkan tersendatnya arus kendaraan.

Selain itu, petugas juga mengingatkan para pemudik untuk tidak beristirahat lebih dari 30 menit. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan para pemudik lain juga bisa beristirahat di rest area.

Sebelumnya, pengelola rest area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek membatasi waktu istirahat para pemudik selama 30 menit saat arus mudik Lebaran 2024. Pembatasan waktu istirahat ini juga diberlakukan pada arus mudik Lebaran tahun sebelumnya.

“Tahun ini sama akan memberlakukan pembatasan waktu istirahat 30 menit,” kata Manajer Kawasan Rest Area Km 57, Nawawi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (4/4).

Menurut Nawawi, waktu 30 menit itu lebih dari cukup untuk melepas penat dan lelah para pemudik sehingga bisa kembali bugar saat melanjutkan perjalanan.

“Kalau untuk istirahat melepas lelah, mengembalikan stamina 30 menit cukup lah istirahat,” ucap dia.

(dis/isn)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *