Jakarta, CNN Indonesia

Jelang Idulfitri yang tinggal delapan hari lagi, ratusan pemudik mulai berangkat dari Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa (2/4).

Pantauan CNNIndonesia.com, para pemudik tampak duduk di ruang tunggu keberangkatan ketika menunggu jam berangkat bus mereka.

Ketua Satuan Pelaksana Prasarana dan Sarana Terminal Pulo Gebang Wahu Hidayat mengatakan sudah ada peningkatan penumpang, tetapi belum signifikan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Per hari ini sudah mulai ada peningkatan, tapi belum terlalu banyak dibandingkan hari-hari normal. Kenaikan masih sekitar 20 persen dari hari biasa,” ujar Wahyu saat dijumpai CNNIndonesia.com, Selasa (2/4).

Berdasarkan data pada Selasa (2/4) pukul 10.33 WIB, Terminal Pulo Gerbang telah memberangkatkan 590 penumpang dengan 81 bus. Sementara itu, ada 762 penumpang yang tiba di Terminal Pulo Gebang dengan 170 bus.

Saat ini, jumlah penumpang yang datang tercatat lebih banyak ketimbang yang berangkat. Wahyu mengatakan hal itu juga terjadi pada 2023 lalu.

“Untuk penumpang yang datang lebih banyak. Memang trennya dari kemarin ya kita lebih banyak yang datang daripada yang berangkat,” jelas dia.

Wahyu menjelaskan tren yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya kenaikan jumlah penumpang akan bertambah menjelang puncak arus mudik Lebaran. Menurutnya, pada pekan ini masih banyak masyarakat yang bekerja.

Wahyu memprediksi puncak keberangkatan mudik di Terminal Pulo Gerbang terjadi di Jumat (5/4) dan Sabtu (6/4).

Pada puncak arus mudik, Wahyu memprediksi ada 15 ribu penumpang yang tiba di Terminal Pulo Gebang dan berangkat dari Terminal Pulo Gebang per hari.

“Jadi kurang lebih bisa 15 ribu orang pulang pergi per hari. Pada saat puncaknya nanti. Datang dan berangkat ya. Itu proyeksi kita,” kata Wahyu.

Ia menerangkan juga akan ada kegiatan keberangkatan mudik gratis dari Kementerian Perhubungan di Terminal Pulo Gebang.

Terdapat sejumlah persiapan sarana dan prasarana yang dilakukan Terminal Pulo Gebang pada kegiatan mudik Lebaran 2024 ini.

Di antaranya menyediakan satu kipas angin besar di langit-langit ruang tunggu keberangkatan dan pembagian 3.000-3.500 buku gratis untuk pemudik pada Selasa (2/4) hingga Kamis (4/4).

Ada pula 120 titik CCTV yang tersebar di seluruh Terminal Pulo Gebang untuk pemantauan kegiatan.

Selain itu, Wahyu mengatakan terdapat 243 petugas yang bertugas selama arus mudik Lebaran. Ditambah sekitar 100 personel keamanan dari pihak kepolisian dan TNI yang berpatroli selama 24 jam.

(pop/tsa)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *