Jakarta, CNN Indonesia

Mabes Polri bakal mendirikan 5.784 posko mudik di berbagai wilayah selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2024.

Karo Penmas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan posko mudik tersebut terdiri dari 3.772 posko pengamanan, 1.532 posko pelayanan, dan 480 posko terpadu.

“Ketiga tipe posko ini yang membedakan adalah sifat daripada pelayanan yang diberikan,” kata Trunoyudo dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (1/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Trunoyudo mengimbau seluruh masyarakat yang melakukan perjalanan mudik bisa memanfaatkan posko-posko tersebut untuk beristirahat.

Ia meminta masyarakat tidak memaksakan perjalanan ketika kondisi tubuh sudah tidak fit karena dikhawatirkan bisa menyebabkan kecelakaan.

“Ketika kurang fit atau ada sesuatu yang perlu untuk mengecek kesehatan, di posko pengaman menyediakan layanan kesehatan yang tentu berkoordinasi juga dengan dinas-dinas kesehatan daerah,” tuturnya.

Korlantas Polri bakal menggelar Operasi Ketupat 2024 serentak pada 4 sampai 16 April 2024. Operasi tahunan ini digelar untuk memastikan keamanan hingga kelancaran arus mudik-balik selama masa Lebaran 2024.

Beberapa skema rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan guna memperlancar arus mudik dan balik mulai dari one way, contra flow hingga ganjil-genap.

Sebanyak 155.165 personel gabungan bakal dikerahkan untuk mengamankan masjid, terminal, pelabuhan, bandara, stasiun kereta api, pasar atau pusat perbelanjaan, hingga objek wisata.

(tfq/tsa)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *